BLANTERORIONv101

Persyaratan Bengkel Konversi yang Wajib Diketahui

14 Juni 2022
Syarat membuka bengkel konversi

BahasEV.com - Sebagai mainan buru, tentunya ada persyaratan bengkel konversi yang harus kamu penuhi agar bisa menjalankan bisnis dengan aman dan lancar. Karena untuk bisa memulai promosi, lebih baik kamu sudah mendapatkan sertifikat layak sebagai bengkel rujukan untuk konversi.

Saat ini, kendaraan listrik sudah mulai diterima oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut terlihat dari penyelenggaraan event internasional Jakarta E-prix tanggal 4 Juni 2022 silam. 

Dengan kata lain, jika masyarakat bisa melebarkan matanya melihat situasi tersebut, bahwa kendaraan listrik sekelas mobil pun bisa memiliki kecepatan yang sama dengan F1, bahkan untuk akselerasi bisa terlihat lebih instant karena torsi motor BLDC keluar secara instant. 

Pada pembahasan sebelumnya, kami sudah mengulas terkait peralatan bengkel konversi yang wajib kamu lengkapi juga, silakan dicek ya untuk apa saja perlengkapannya. 

Persyaratan Bengkel Konversi

Kita akan masuk ke dalam inti pembahasan terkait persyaratan bengkel konversi, kira-kira apa saja yang perlu disiapkan agar kamu bisa membuka bengkel konversi secara legal, antara lain sebagai berikut.
  • Memiliki tempat atau bengkel yang ready dipakai. 
  • Memiliki badan hukum yang jelas untuk bengkelnya, seperti UD, CV, Instansi, atau PT. 
  • Melengkapi peralatan bengkel konversi. 
  • Memiliki 1 tenaga ahli di bidang kendaraan listrik, minimal 2 tahun.
  • Memiliki 1 kepala bengkel konversi. 
  • Memiliki unit contoh yang sudah dikonversi (poin penguat). 
Dari keenam poin tersebut merupakan inti dari persyaratan bengkel konversi. Dan poin nomer 6 merupakan penguat kalau kamu sudah memiliki track record bagus dalam urusan bengkel konversi. 

Jadi bisa dimulai untuk melakukan konversi motor bensin ke listrik, seperti motor matic yang paling gampang. 

Saat sudah diacc sebagai bengkel konversi, ada ketentuan yang perlu kamu simak agar izin tersebut tetap berlaku.
Persyaratan bengkel konversi
Nah, dari ketentuan aturan tersebut dapat dilihat kalau dengan konversinya motor bensin ke listrik, berarti kamu sebagai bengkel berperan seperti "bengkel resmi" dari kendaraan listrik. 

Jadi wajib memberikan aturan dan petunjuk bagi pengguna agar tidak salah langkah dalam pengoprasiannya. 

Perlu diingat, lama waktu bengkel konversi ini selama 5 tahun dan kamu wajib memperbaharui sertifikat tersebut seiring dengan kompentensi yang terus meningkat tentunya. 

Semoga bermanfaat ya, silakan simak konten selanjutnya terkait bahasEV, terimakasih. 

Komentar